- Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan pasanglah sebuah gambar pasar persaingan sempurna!
- Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna dan pasanglah sebuah gambar pasar persaingan tidak sempurna!
- Tuliskan ciri-ciri pasar oligopoli dan pasanglah sebuah gambar pasar oligopoli
- Tuliskan ciri-ciri pasar tenaga kerja!
- Tuliskan ciri-ciri pasar faktor produksi !
jawab:
1.a. Jumlah penjual
dan pembeli masing-masing banyak dan mereka masing-masing bertindak sebagai
penerima harga.
b. Jenis barang
yang diperjualbelikan bersifat homogen (sama).
c. Adanya
kebebasan bagi penjual dan pembeli untuk keluar masuk pada bidang usaha atau
pasar barang yang bersangkutan.
d. Setiap pembeli
dan penjual memiliki pengetahuan yang sempurna tentang keadaan pasar.
e. Adanya
mobilitas sumber daya yang ada secara sempurna, artinya pembeli mudah untuk
mendapatkan barang dan penjual mudah untuk mendapatkan sumber daya produksi.
2.Pasar Persaingan
Tidak Sempurna
Monopoli
Ciri-Ciri :
-Hanya terdiri
dari 1 produsen / penjual.
-Tidak butuh
strategi dan promosi untuk sukses.
-Hanya ada satu
jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan.
-Sangat sulit
untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undangmaupun butuh sumber daya
yang sulit didapat.
-Harga dan jumlah
kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan bersekala besar.
-Tidak ada
perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yangsempurna.
-Harga ditentukan
oleh perusahaan.
-Pembeli tidak
punya pilihan lain dalam membeli barang.
-Ada bannyak
pembeli.
-Membuat hambatan
yang besar bagi pesaingnya yang akan masuk.
3.Ciri-ciri pasar oligopoli
-Terdapat banyak penjual/ produsen yang menguasai pasar.
-Barang yang dijual dapat berupa barang homogen atau berbeda corak.
-Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
-Terdapat banyak penjual/ produsen yang menguasai pasar.
-Barang yang dijual dapat berupa barang homogen atau berbeda corak.
-Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
-Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang
mempunyai pangsa pasar terbesar.
4.Tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi penting dalam kegiatan perekonomian. Pasar tenaga kerja merupakan contoh pasar abstrak dalam perekonomian. Pasar ini merupakan sarana pertemuan antara kualifikasi yang dimiliki pencari kerja dengan pemberi kerja melalui mekanisme pasar
Konsep Pasar Tenaga Kerja
Pasar Tenaga Kerja adalah : seluruh aktivitas dari
pelaku-pelaku untuk mempertemukan pencari kerja dengan lowongan kerja, atau
proses terjadinya penempatan dan atau hubungan kerja melalui penyediaan dan
penempatan tenaga kerja. Pelaku-pelaku yang dimaksud di sini adalah pengusaha,
pencari kerja dan pihak ketiga yang membantu pengusaha dan pencari kerja untuk
dapat saling berhubungan.
5.Tenaga kerja
merupakan faktor produksi insani
yang secara langsung maupun tidak langsung menjalankan kegiatan produksi.
Faktor produksi tenaga kerja juga dikategorikan sebagai faktor produksi asli.
Dalam faktor produksi tenaga kerja, terkandung unsur fisik, pikiran, serta kemampuan yang dimiliki
oleh tenaga kerja. Oleh karena itu, tenaga kerja dapat dikelompokan berdasarkan
kualitas (kemampuan dan
keahlian) dan berdasarkan sifat kerjanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar