Senin, 04 Februari 2013

essay Makro dan Mikro


  1. Sebutkan ciri-ciri permasalahan yang dibahas pada mikro ekonomi!
  2. Sebutkan 5 contoh bahasan makro ekonomi!
  3. Sebutkan 3 negara berkembang, dan jelaskan satu per satu mengapa negara tersebut dikatakan negara berkembang!
  4. Sebutkan 3 negara maju, dan jelaskan satu persatu mengapa negara tersebut dikatakan negara maju !
  5. China termasuk negara maju atau berkembang ? Berikan alasannya !
  6. Menurutmu, apakah Indonesia kelak akan menjadi negara maju ? Jelaskan analisamu!
  7. Menurutmu, apakah Indonesia sudah memasuki arena globalisasi ? Jelaskan alasannya!
  8. Mengapa Indonesia masih berutang ?
Jawab
1.       Mikro ekonomi membahas permasalahan yang ada di suatu lingkup yang kecil. Misalnya : perkembangan suatu perusahaan, meningkatkan jumlah produksi, memaksimalkan tenaga kerja.
2.       Inflasi,pertumbuhan ekonomi,pengangguran,ketidakstabilan kegiatan ekonomi,pendapatan nasional.
3.      Indonesia: pendapatan perkapita sedikit, tingkat pengangguran masih tinggi , Brazil:Sistem perekonomiannya masih bergantung dari luar, Tingkat pendapatan per kapitanya masih rendah, Angka pertumbuhan penduduk tinggi,  India :Tingkat pendapatan per kapitanya masih rendah,Tingkat kesehatan masih rendah,Angka pengangguran yang tinggi.
4.       Inggris: Sebagian penduduknya bekerja pada sector indrustri dan jasa,Sumber daya manusia berkualitas tinggi,Sebagian besar penduduknya tinggal diperkotaan, Prancis: Tingkat pendapatan per kapitanya tinggi,Sebagian penduduknya bekerja pada sector indrustri dan jasa,Angka kelahiran dan kematian relative rendah, Amerika Serikat: Tingkat pendapatan per kapitanya tinggi,Sebagian penduduknya bekerja pada sector indrustri dan jasa,Tingkat pendidikannya tinggi, tidak ada yang buta huruf.
5.       China termasuk Negara berkembang karena Tingkat Pertumbuhan Penduduk Tinggi, Tingkat Pengangguran Tinggi, Tingkat Produktivitas Rendah, Pasar & Informasi Tidak Sempurna, Tingkat Ketergantungan Pada Angkatan Kerja Tinggi.
6.       Ya,karena Indonesia terus digadang-gadang menjadi negara dengan ekonomi yang terus menunjukkan geliat kemajuan. Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia atas 6 persen dalam dua tahun terakhir, diklaim telah menaikkan pendapatan per kapita Indonesia menjadi USD 3.500.
7.       Ya,contohnya seperti adanya budaya asing yang masuk ke Indonesia, dan masyarakat melupakan budaya Indonesia sendiri.
8.       Karena Indonesia masih Negara berkembang jadinya Indonesia berhutang kepada Negara lain untuk memajukan Negara Indonesia,karena modal Indonesia masih sedikit sehingga Indonesia berhutang ke Negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar