Jumat, 15 Maret 2013

Soal pendapatan nasional


  1. Untuk apa ya pendapatan nasional harus dihitung ?
  2. Bagaimanakah pendapatan perkapita Indonesia ? Coba cari data di internet dan beri penjelasan tentang pendapatmu!
  3. Carilah perbandingan perndapatan perkapita negara-negara di ASEAN (Jangan lupa cantumkan sumbernya), lalu berikan analisanya !
  4. Jelaskan hubungan pendapatan nasional, jumlah penduduk, dan pendapatan per kapita.
Jawab:


1.       untuk menggambarkan jenis perekonomian dan strukturnya,membandingkan perekonomian antar Negara dan antar daerah,untuk mengatahui kemakmuran disuatu Negara.
2.       Akhir 2011, Pendapatan Per Kapita US$ 3.600

Menurut saya,yang berpendapatan menengah tinggi (upper middle economies ). Termasuk dalam kelompok ini adalah Negara-negara yang memiliki pendapatan perkapita  $2.696-$8.335.
Berarti Indonesia termasuk Negara yang berpendapatan menengah tinggi.

3.        Berdasarkan data yang saya ambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_GDP_(PPP)_per_capita. Negara Singapura masih menjadi negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di ASEAN dengan US$ 57,238, disusul dengan Brunei dengan pendapatan perkapita US$ 47,200. Di urutan ketiga Malaysia dengan pendapatan perkapita US$ 14,603. Di urutan keempat Thailand dengan pendapatan perkapita US$ 8,643. Disusul indonesia dengan pendapatan perkapita US$ 4,380. Di urutan keenam Philippines dengan pendapatan perkapita US$ 3,725. Vietnam berada di urutan selanjutnya dengan pendapatan perkapita US$ 3,123. Di urutan kedelapan, laos dengan pendapatan perkapita US$ 2,435. Burma berada pada uurutan ke Sembilan dengan pendapatan perkapita US$ 1,900. sedangkan Negara Kamboja menjadi negara dengan pendapatan perkapita terendah di ASEAN.
                               http://plengdut.blogspot.com/2013/02/perbandingan-pdb-dan-pendapatan-per.html
4 . pendapatan nasional pada dasarnya merupakan kumpulan pendapatan masyarakat pada suatu Negara,tinggi rendahnya pendapatan nasional mempengaruhi tinggi rendahnya pendapatan perkapita Negara yang bersangkutan,akan tetapi,banyak sedikit jumlah penduduk pun akan mempengaruhi jumlah pendapatan perkapita.
Ternyata tingginya pendapatan nasional suatu Negara ,tidak menjaminpendapatan perkapitanya juga tinggi.hal ini karena factor jumlah penduduk juga sangat menentukan tinggi rendahnya pendapatan perkapita.

                                                                                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar